Jumat, 02 September 2011

Antara Topaz, Botchan dan Aku

Ada persamaan diantara ketiga tokoh tersebut. Ketiganya merupakan guru di sekolah.

Perbedaannya :

“Topaz, Sang Guru” merupakan cerita karya Marcel Pagnol berbentuk drama, terbit tahun 1969 (aku membacanya tahun 1988). Topaz adalah guru sejarah dan budi pekerti di sebuah SD. Ia sederhana, jujur, lugu dan polos. Selama puluhan tahun ia melaksanakan tugas mengajar dengan sebaik-baiknya dengan gaji yang kecil. Namun direktur sekolah mendepaknya begitu saja. Salah satu alasannya, Topaz tidak mau melakukan ketidakadilan.

“Botchan” merupakan sebuah novel karya Natsume Kinnosuke, terbit tahun 1906 (aku membacanya tahun 2011). Botchan adalah seorang guru muda, seorang pemberontak terhadap “sistem” di sebuah sekolah desa. Botchan mengundurkan diri dari profesinya sebagai guru, karena tidak mau melakukan ketidakadilan.

“Aku” juga seorang guru sejarah, sangat benci dengan “sistem” yang berlaku di sekolahku. Banyak sekali penyimpangan (ketidakadilan). Aku pernah melawan, namun karena aku berjuang sendirian aku kalah.

Bedanya antara aku dengan kedua “tokoh” di atas adalah, sampai detik ini aku tetap bertahan sebagai guru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar