Selasa, 11 Juni 2013

Inflasi Nilai di Sekolah


                Inflasi yang ditimbulkan akibat ditundanya kenaikan harga BBM semakin meroketkan inflasi. Ada sejumlah variabel lain yang mendongkrak inflasi, antara lain tahun ajaran baru pendidikan, bulan Ramadhan, kenaikan harga elpiji, dan kenaikan tarif tenaga listrik (Kompas cetak, 11/6-2013). Inflasi juga terjadi di sekolah. Tingginya standar nilai (KKM) dan pengabaian terhadap tingkat kemampuan rata-rata siswa menimbulkan inflasi nilai.  Penyebabnya, sekolah mengejar kelulusan 100%  baik dalam kenaikan kelas, Ujian Sekolah maupun Ujian Nasional, sementara mutu guru, mutu manajemen sekolah serta kelengkapan sarana prasarana terabaikan.
                Kenaikan harga akan memukul rakyat (Kompas cetak, 11/6-2013). Kenaikan nilai yang mengabaikan kemampuan siswa yang sebenarnya akan melahirkan generasi yang lemah.

2 komentar:

  1. Kasihan buat generasi muda kita, apabila inflasi nilai terus menerus diterapkan, selain menurunkan mutu pendidikan, juga generasi terbebani dengan nilai tersebut, karena tidak sesuai dengan kemampuan yang sebenarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mutu pendidikan akan terus menurun jika Kemdikbud tidak segera mengatasi masalah ini.

      Hapus