Sabtu, 07 November 2009

Jam Kerja Guru

Pemerintah melalui Permendiknas No.39/2009 menetapkan, bahwa jam kerja guru 24 jam/minggu. Perlu diketahui, tiap mata pelajaran mempunyai bobot jam yang berbeda. Seperti pelajaran Sejarah untuk kelas X, bobot jam pelajaran hanya 1 jam/minggu, kelas XI IPA 2 jam pelajaran/minggu atau ada juga yang 1 jam pelajaran/minggu (KTSP), kelas XI IPS 3 jam pelajaran/minggu dan kelas XII IPA 1 jam pelajaran/minggu, sedangkan kelas XII IPS 3 jam pelajaran/minggu. Saya mengajar di kelas XI IPS dua kelas, kelas XII IPA enam kelas, dan kelas XII IPS dua kelas. Total jam mengajar saya 18 jam pelajaran/minggu dengan jumlah kelas 10 kelas@40 siswa = 400 siswa, ditambah jabatan lain sebagai staf kurikulum bidang perpustakaan yang dihitung setara 6 jam. Yang saya permasalahkan adalah, begitu banyak kelas dan jumlah siswa yang saya tangani sehingga ketika musim ulangan/remedial saya merasa keteteran. Bandingkan dengan guru mata pelajaran Matematika/Bahasa Indonesia dengan bobot jam pelajaran/minggu 4 jam. Dengan jumlah jam mengajar 24 jam, guru ybs hanya memegang enam kelas. Bagaimana dengan guru Sejarah kalau mengejar target wajib mengajar 24 jam/minggu? Pasti akan sangat kelelahan dengan bertambahnya jumlah kelas dan siswa yang harus ditangani. Seharusnya pemerintah memperhatikan masalah ini, terutama ditinjau dari kondisi fisik dan psikologis guru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar